Home > Uncategorized > Jangan Remehkan UKM, Kontribusinya Sangat Besar

Jangan Remehkan UKM, Kontribusinya Sangat Besar

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama sejumlah instansi pemerintah menggelar acara pengiring (side event) Sidang Tahunan Dewan Gubernur Asian Development Bank. Acara yang digelar berupa pameran produk-produk hasil temuan inovatif dan produk kreatif, khususnya yang dihasilkan UMKM.

Acara digelardi Victus Bali Collection Utara, Nusa Dua, Bali, dan diberi tajuk Unthinkable Week. Deputi Kemenko Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan, Edy Putra Irawady, mengatakan, acara ini bertujuan antara lain untuk mempromosikan produk akar budaya nasional, menggalang duta wisata, ekspor, dan investasi, serta menyosialisasikan program-program pembiayaan UMKM versi krisis.

“Kawan-kawan yang concern pada daya saing dan sustainabilitas produk anak bangsa bergabung di acara ini,” kata Edy di lokasi acara.

Pembiayaan kegiatan ini ditanggung oleh masing-masing instansi yang terlibat. Disebutkan Edy, instansi yang ikut dalam kegiatan ini antara lain Kementerian BUMN, Departemen Perindustrian, Departemen Kelautan, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Produk yang diikutsertakan adalah barang dan jasa kreatif dan inovatif dari para pelaku UMKM yang memenuhi kriteria inovatif, kreatif, ramah lingkungan, dan memiliki prospek bisnis. “Ini produk yang sudah eksis, bukan wacana. Mereka sudah eksis di lapangan,” sebutnya.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di negara Asean ternyata tercatat lebih dari 96 persen dari total usaha yang ada. Setidaknya, UKM memberikan konstribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sekira 30-53 persen.

Produktivitas UKM dinilai penting untuk meningkatkan keseluruhan produktivitas Asean dan menjadi tulang punggung yang memperkuat komunitas negara-negara di Asean.
“Saya percaya, situasi yang sama terjadi juga di wilayah Amerika Latin, di mana UKM menjadi tulang punggung menghadapi krisis keuangan global, dan persaingan di pasar terbuka,” kata Deputi Sekretaris Jenderal Asean untuk Komunitas Ekonomi Asean HE Mr Sundram Pushpanathan, dalam acara Workshof Prospek of Economic Relation Between South Asia and Latin Amerika, di Sekretariat Asean, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta.

Diakuinya, diharapkan investor dapat memiliki pandangan terbaiknya untuk menanggapi kebijakan terhadap UKM dan mampu mengembangkan manajemen UKM, agar mampu mendapatkan keuntungan dari kebijakan di Asean dan Amerika Latin.

Sumber: suara media

Categories: Uncategorized Tags: ,
  1. March 1, 2010 at 10:41 am

    salam kenal,
    saya juga tertarik untuk mendukung kemajuan UKM terutama pada bidang pembukuan/akuntansi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: